Sunday, 30 August 2015

MENDADAK KAYA KARENA TANAMAN MERICA


Bulan agustus sampai September adalah bulan bulan dimana orang bangka melakukan panen merica atau lada (orang bangka menyebutnya SAHANG). pada musim seperti ini banyak orang bangka yang tiba tiba kaya raya.. layaknya mendapatkan harta karun tiba tiba.. hehehehehe...

coba saja kawan pikirkan, harga lada sekarang mencapai Rp. 180.000/kg, jika seorang petani saja hanya bisa memanen 100 kg berapa banyak uang yang mereka dapat? wihhh.. udah ga ke bayang pasti merah semua tuh duit... itu jika hanya 100 kg...
sekarang pada kenyataannya setiap petani menanam tanaman lada ini lebih dari 300 pohon.. produksi tiap pohon ini bisa sekitar 1-2 kg lada kering per pohon... waduhhh.. mantep bgt kan.

memang lada ini layak mendapat lirikan khusus dari para petani. dengan hasil yang lumayan apalagi dengan harga diatas langit. mengalahkan harga timah di bangka.
tapi memang belum banyak petani yang menguasai teknik bertanam lada dengan baik. inilah saatny untuk memperdalam pengetahuan tentang lada..

saya sendiri memiliki ketertarikan yang sangat kuat untuk bertanam lada.
cuman memang dalam memulai budidaya lada ini membutuhkan biaya yang tidak tanggung tanggung juga, sesuailah dengan nati hasil yang nantinya akan di dapatkan.


di pulau bangka ini ada beberapa jenis tanaman lada yang sering ditanam oleh para petani diantaranya lada jenis merapin lampung dan merapin bogor. itulah yang populer di petani bangka.
menurut beberapa petani hasil lada di bangka itu lebih baik di bandingkan dengan hasil lada dari luar pulau bangka.

hal ini terbukti dengan predikat BABEL sebagai penghasil lada terbaik di dunia dan menguasai 80% kebutuhan lada di dunia. (wow mantap kan). tapi sayang sekarang di daerah bangka sendiri banyak lahan yang beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit. padahalkan harusnya sebagai penghasil lada terbaik harus terus menambah produksinya biar semakin eksis di pasar dunia, sedangkan kalau kelapa sawit masih bisa ditanam di daerah lain seperti di palembang, lampung atau yang lainnya.. (hehehe... menurutku harusnya seperti itu)

contoh tanaman lada di bangka
nah, kawan bagaimana sudah adakah ketertarikan untuk berkebun lada.. dijamin dalam jarak 3 tahun bisa jadi milyarder... apalagi kalo nanamnya kagak tanggung tanggung....

SEGERA MENCOBA
BE A MILYARDER